Total Tayangan Laman

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

warna-warni

kunjungan anda

gelembung

cursor

Mini Rage Face Cuteness Overload Smiley

Blogroll

Translate

Pengikut

RSS

Pages

Pesona Pantai dan Terumbu Karang Bulu Poloe




LUWU Timur dikaruniai alam yang indah berupa jajaran pegunungan, sungai, danau, pantai serta pulau-pulau. Keindahan ini potensi besar sebagai objek pariwisata yang mendatangkan wisatawan dan pendapatan bagi masyarakat.
Daerah kaya nikel ini memiliki potensi wisata alam yang mulai menjadi incaran wisatawan asing. Salah satu tempat yang paling berpotensi menjadi ikon pariwisata Kabupaten Luwu Timur adalah Pulau Bulu Poloe.
Potensi wisata Bulu Poloe bukan sekadar pasir putihnya yang membentang mengelilingi pulau, tetapi juga menawarkan wisata bawah laut. Terumbu karang dan biota bawah lautnya yang indah dan belum tereksploitasi membuat kunjungan ke pulau berpasir putih ini lebih komplet.
Bulu Poloe dapat dijangkau dari Kota Makassar dengan perjalanan darat sekitar 8-10 jam ke Malili, ibukota Kabupaten Luwu Timur. Tiba di Malili, perjalanan dilanjutkan melalui jalur laut ke Pulau Bulu Poloe menggunakan perahu.
Transportasi ke pulau tersedia di Pelabuhan Balantang, Malili. Perjalanan dari Malili ke Pulau Bulu Poloe membutuhkan waktu sekitar dua jam.
Rute laut menuju Pulau Bulu Poloe dapat pula ditempuh dari Batu Menggoro, daerah pantai yang terletak di Desa Lampia, Kecamatan Malili, kabupaten Luwu Timur. Perjalanan lebih singkat diperoleh bila melalui rute satu ini. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit, Anda sudah tiba Pulau Bulu Poloe yang indah.
Kealamian pantai dan keindahan bawah lautnya membuat pengunjung melupakan rasa penatnya selama perjalanan. Laut dan pantainya sangat memesona.
Air lautnya sangat jernih dihiasi aneka terumbu karang yang indah menawarkan sensasi eksotis wisata pantai yang alami. Tidak sedikit penyelam yang menginginkan suasana yang masih sangat alami menjadikan Pulau Bulu Poloe sebagai objek wisata menyelam favorit.
Salah seorang warga Balantang, Aco mengatakan, keindahan terumbu karang dan biota lautnya di Pulau Bulu Poloe tidak kalah dengan wisata bawah laut di tempat lain. "Wisatawan yang suka snorkeling atau diving, sebaiknya merasakan pengalaman menyelam di laut sekitar Bulu Poloe," ajaknya.
Aco mengatakan, penelitian sudah cukup banyak dilakukan pada berbagai terumbu karang. Bahkan ada upaya peningkatan kualitas terumbu karangnya dengan pemeliharaan karang yang masih sangat alami.



sumber : fajar.co.id

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar