Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

warna-warni

kunjungan anda

gelembung

cursor

Mini Rage Face Cuteness Overload Smiley

Blogroll

Translate

Pengikut

RSS

Pages

Menyiapkan Satelit dalam 17 Bulan



Nama Indonesia mendunia setelah memiliki satelit komunikasi domestik dari Kennedy Space Center, Florida. Peresmian penggunaanya baru 17 Agustus 1976, bertepatan HUT Kemerdekaan RI ke-31. Pilihan membeli satelit dianggap keputusan tepat saat itu karena Indonesia adalah negara kepulauan terpanjang di dunia dengan penduduk 130 juta jiwa (terbesar kelima saat itu).
Teknologi satelit buatan Boeing Satellite System ini identik dengan satelit Anik dan Westar milik Kanada dan Amerika Serikat saat itu. Bahkan roket peluncurannya pun sama, yakni Delta 2914. Menariknya, pemerintah Indonesia baru memesannya awal Februari 1975, berupa dua satelit (dengan Palapa-A2), satu pusat pengendali, dan Sembilan stasiun bumi. Alhasil, Boeing hanya punya waktu 17 bulan, yang kabarnya menjadi proyek tercepat yang pernah dikerjakan perusahaan di Chicago itu.
Satelit ini tingginya 3,5 m dan diameter 2 m. Beratnya saat diluncurkan mencapai 574 kg, namun menjadi 297 kg di orbit. Palapa-A1 baru berhenti beroperasi Mei 1985 atau hamper 2 tahun dari waktu yang seharusnya. Sementara Palapa-A2 yang diluncurkan Maret 1977, baru berhenti Januari 1988 atau empat tahun dari masa operasi idealnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

zifa nia mengatakan...

info yang menarik ... nice

http://curhatz.blogspot.com/

Direktori WeBlog mengatakan...

Makasih infonya.
Salam kenal dari Direktori Weblog! Kalau mau submit url blognya, silahkan mampir di blog direktori saya :)

Poskan Komentar