Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

warna-warni

kunjungan anda

gelembung

cursor

Mini Rage Face Cuteness Overload Smiley

Blogroll

Translate

Pengikut

RSS

Pages

Selubung Misteri Candi Boko


Di sebuah bukit tak jauh dari Candi Prambanan, berdiriCandi Ratu Boko yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Dengan kesunyiannya, Candi Ratu Boko tidak hanya menyisakan misteri, tetapi juga keindahan ketika senja.
Kompleks Ratu Boko dapat diakses melalui dua pintu di sekitar Candi Prambanan. Melalui pintu pertama kita akan sampai di sebuah lahan parkir luas dan untuk sampai ke Kompleks Ratu Boko masih harus mendaki tangga yang terjal. Pintu kedua agak jauh dari Prambanan, melewati persawahan dan jalan menanjak yang berakhir di pelataran Kompleks Ratu Boko. Sedikit agak jauh tetapi tidak banyak menguras tenaga.
Candi Ratu Boko berada di dalam Kompleks Ratu Boko seluas 250.000 meter persegi yang terbagi atas empat wilayah: timur, tenggara, tengah dan barat. Di bagian timur terdapat kompleks gua, stupa Budha dan gua. Bagian tenggara terdapat pendopo, balai-balai, candi anakan, kolam dan kompleks Keputren. Bagian tengah terdiri dari gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam dan Paseban. Sementara di bagian barat hanya terdapat perbukitan.
 jika masuk melalui pintu kedua, begitu sampai di Candi Ratu Boko kita akan disambut oleh dua gapura yang berdiri tegap. Di dekat gapura terdapat Candi Batu Putih dan Candi Pembakaran. Candi Pembakaran berbentuk bujur sangkar dengan sisi sepanjang 26 meter dan memiliki dua teras di sisinya. Candi ini dulunya digunakan untuk prosesi pembakaran jenazah.
Dari arah tenggara Candi Pembakaran terdapat sumur Amerta Mantana yang kurang lebih berarti "air suci yang telah diberi mantra". Sebagian umat Hindu masih menggunakan air Amerta Mantana untuk upacara keagamaan, dan beberapa masyarakat setempat juga percaya bahwa air ini membawa keberuntungan.
Dibangun sekitar tahun 9 Masehi, dulunya Candi Ratu Boko memang difungsikan sebagai biara atau tempat menyepi. Hingga kini suasana hening masih terasa sejak memasuki Kompleks Ratu Boko.
Di balik misteri dan kesunyiannya, Candi Ratu Boko menyimpan keindahan tersendiri. Tunggu hingga senja, Anda akan menikmati salah satu senja tercantik yang pernah ada. Keindahan semburat senja membentuk siluet candi yang tegas seolah membenamkan misteri begitu saja.




 sumber : http://cityguide.kapanlagi.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar