Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

warna-warni

kunjungan anda

gelembung

cursor

Mini Rage Face Cuteness Overload Smiley

Blogroll

Translate

Pengikut

RSS

Pages

kawah Putih Ciwidey, Keindahan diBalik Misteri

Bandung tidak hanya kaya akan kuliner dan keindahan arsitektur kotanya. Beberapa wisata alamnya juga menarik untuk dikunjungi. Kawah Putih Ciwidey, salah satunya.
Kawah Putih Ciwidey terletak 40 kilometer dari kota Bandung atau sekitar 2,5 jam perjalanan. Kawasan ini bisa dicapai melalui pintu tol Kopo menuju Soreang ke arah selatan kota Ciwidey. Setibanya di pintu masuk, perlu waktu sekitar 15 menit untuk tiba di tepi kawah. Perjalanan menuju kawah jalanan agak menanjak dan berkelok-kelok namun pemandangan hutan alam yang menemani selama perjalanan akan mengalihkan perhatian Anda.
Awalnya tempat ini dianggap angker sehingga membuat warga setempat enggan mendekat. Namun tidak demikian dengan Dr. Franz Wilhelm Junghun, seorang ilmuwan dan pengusaha perkebunan asal Belanda yang bersikeras ingin meneliti ada apa di balik kawah setinggi 1600 meter ini. Pada tahun 1837 Dr. Junghun akhirnya berhasil membuktikan bahwa tempat ini sebenarnya tidak berbahaya. Burung-burung yang mati setelah melintasi kawah ini bukan disebabkan oleh penunggu roh halus, melainkan karena keracunan uap belerang yang muncul dari kawah. Kadar belerang dari kawah ini memang cukup tinggi namun masih dalam batas aman untuk dihirup manusia.
Disebut Kawah Putih karena perairannya berwarna putih. namun di saat-saat tertentu perairan Kawah Putih dapat berubah warna menjadi hijau atau biru tergantung perubahan cuaca. Karena potensi belerangnya yang cukup banyak, pada masa kependudukan Belanda, di kawah putih didirikan pabrik belerang bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Ketika beralih ke masa kekuasaan Jepang, pabrik tersebut berganti nama menjadi Kenzanka Yokoya Ciwidey. Sampai sekarang Anda masih dapat melihat plang bekas pabrik tersebut.
Keindahan pesona Kawah Putih memang memikat. Saat ini Kawah Putih tidak hanya menjadi tujuan wisata, tetapi juga menjadi lokasi syuting atau pemotretan pre wedding. Tidak jauh dari Kawah Putih juga terdapat tempat wisata Perkebunan Patuha yang dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Dari salah satu bukitnya Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Patuha dan danau Situ Patengan yang juga sangat cantik.

 sumber : http://cityguide.kapanlagi.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar