Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

warna-warni

kunjungan anda

gelembung

cursor

Mini Rage Face Cuteness Overload Smiley

Blogroll

Translate

Pengikut

RSS

Pages

Apakah itu Globalisasi ?


1.Pengertian Globalisasi
            Globalisasi adalah proses dimana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarnegara dan antar manusia didunia ini semakin besar.
Pengertian Globaliasi menurut para ahli :
a.         Menurut Wikipedia Encyclopedia, globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan.
b.        Menurut IMF, globalisasi berarti meningkatnya saling ketergantugan ekonomi antara Negara-negara didunia yang ditandai oleh meningkat dan beragamnya volume dan transaksi barang dan jasa lintas Negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.
c.         Menurut Bank Dunia, globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perubahan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dinegara lain.
d.        Menurut A.G. Mc Grew (1992), globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan dibelahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat dibelahan dunia lain.
e.         Menurut M. Waters, globalisasi adalah sebuah proses social dimana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar baahwa mereka semakin dekat satu sama lain.
Berdasarkan pengertian-pengertian diatas, semakin jelas bahwa globalisasi bersifat multidimensional.Globalisasi bersama-sama mempengaruhi dan dipengaruhi oleh empat faktor yaitu : politik,ekonomi,sosial dan budaya.
Jadi, globalisasi merambah segala bidang kehidupan kita.Globalisasi mengacu pada kenyataan bahwa kita semua semakin hidup dalam satu dunia, sebuah desa global (global village) sehingga individu, kelompok, dan bangsa-bangsa menjadi semakin tergantung (interdependent) dalam berbagai aspek kehidupan.
Ada lima tipe kesalingterkaitan globalisasi, antara lain :
a.     Technoscape, yaitu penyebaran teknologi keseluruh penjuru dunia
b.     Media scapes , yaitu penyebaran lintas Negara gambar-gambar media yang tampak layar computer anda, dalam Koran, televise, dan radio.
c.      Ethnoscapes, yaitu pergerakan manusia, termasuk turis, imigran, pengungsi, dan pebisnis melintas batas Negara.
d.     Financescapes, yaitu aliran uang yang melintasi sekat-sekat Negara.
e.     Ideoscapes, yaitu penyebaran gagasan dan ideology politik yang mendunia.
Adapun peristiwa-peristiwa dalam sejarah dunia yang meningkatkan proses globalisasi sebagai berikut.
a.     Ekspansi Eropa dengan navigasi dan perdagangan.
b.     Revolusi industri yang mendorong pencarian pasaran hasil industri
c.      Pertumbuhan kolonialisme dan
d.     Pertumbuhan kapitalisme
e.     Pada masa pasca Perang Dunia II meningkatlah telekomunikasi serta transportasi mesin jet.
2.Sebab-sebab munculnya globalisasi
            Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya globalisasi. Faktor-faktor tersebut dikelompokan menjadi faktor ekstern dan intern.
a.     Faktor ekstern
1)    Berkembangnya HAM dinegara-negara belahan dunia internasional menuntut kepedulian masyarakat internasional untuk turut mendorong upaya perlindungan dan penegakan HAM dinegara-negara lainnya.
2)    Modernisasi atau pembaruan diberbagai bidang yang dilakukan Negara-negara di dunia mendorong negara lain untuk mengadopsi atau meniru hal yang sama.
3)    Penemuan sarana komunikasi semakin canggih
4)    Adanya kesepakatan internasional tentang pasar bebas
5)    Meningkatkan peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional, seperti PBB,IMF,Palang Merah Dunia,ASEAN, dan sejenisnya membuka peluang setiap negara untuk duduk bersama menentukan masalah-masalah Negara maupun perkembangan internasional
6)    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)
b.     Faktor intern
1)    Berkembangnya cara berfikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat
2)    Kebebasan pers
3)    Ketergantungan sebuah negara terhadap negara-negara lain di dunia
4)    Berkembangnya transparansi dan demokrasi pemerintahan
5)    Munculnya berbagai lembaga politik dan swadaya masyarakat
3.Pentingnya globalisasi bagi Indonesia
            Masa sekarang sering disebut sebagai era globalisasi. Era globalisasi sangat erat kaitnnya dengan transparansi atau keterbukaan . Transparansi berarti suatu keadaan dimana kondisi suatu daerah secara mudah dapat diakses,dilihat, dan diterima oleh masyarakat didaerah lain. Ciri-ciri era globalisasi sebagai berukut .
a.     Arus komunikasi yang lancar seolah tanpa sekat
b.     Perkembangan teknologi yang pesat
c.      Adanya transparansi atau keterbukaan diberbagai bidang kehidupan
d.     Berbagai peristiwa disuatu daerah atau negara mudah diakses didaerah atau Negara lain
Globalisasi memiliki peranan sangat  penting  bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
Peranan globalisasi dapat dilihat diberbagai bidang kehidupan dibawah ini.
a.     Bidang politik,pemerintahan,hukum , dan HAM
1)    Negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas. Dengan adanya lobalisasi, Indonesia dapat dengan mudah melakukan komunikasi dan koordinasi antardaerah ataupun antara pemerintahan dengan masyarakat diberbagai daerah. Dengan demikian, kebijakan pemerintah dapat segera sampai kepada masyarakat. Keadaan ini menumbuhkan terbentuknya pemerintah demokrasi yang transparan,bersih, dan berwibawa.
2)    Dengan adanya globalisasi, berbagai kebijakan dibidang hukum dan penegakan HAM dapat diakses oleh masyarakat luas maupun dunia internasional. Hal ini sekaligus merupakan alat kontrol ataupun pengawasan dalam penegakan hukum dan HAM. Dengan adanya pengawasan tersebut, akan dapat meminimalkan tindak kesewenang-wenangan dan ketidakadilan  dalam penegakan hukum dan HAM.
b.     Bidang perekonomian dan perdagangan
1)    Kerja sama anatarnegara melalui kegiatan ekspor dan impor barang-barang dapat semakin lancar, sehingga kebutuhan masyarakat dan negara dapat terpenuhi.
2)    Berbagai penemuan baru dibidang pertanian ataupun industri diberbagai negara dapat segera diterima guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.
3)    Kondisi kehidupan masyarakat diberbagai belahan dunia dapat diketahui oleh negara-negara lain. Dengan demikian memungkinkan peristiwa kemiskinan,kelaparan, dan keterbelakangan menjadi perhatian dan penangan dunia internasional untuk memperoleh bantuan perbaikan kehidupan.
c.      Bidang sosial dan budaya
Sisi positif globalisasi dalam bidang sosial budaya, yaitu mempermudah kerja sama antarnegara dalam upaya mengembangkan pendidikan dan kebudayaan. Penemuan-penemuan dibidang teknologi akan dapat diakses untuk kemudian diterapkan sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.
d.     Bidang pertahan dan keamanan
1)    Dengan adanya globalisasi, kondisi setiap daerah mudah dipantau. Bagi negara yang merupakan negara kepulauan dengan wilayah, baik darat,laut, maupun udara.
2)    Dengan adanya globalisasi, berbagai hambatan ,gangguan , dan ancaman seperti kriminalits,pencurian kayu, dan penyelundupan dapat segera dipantau.
3)    Kerja sama dibidang pertahanan keamanan antarnegara dapat dengan cepat dilakukan dalam upaya bersama-sama mengamankan daerah perbatasan.




                                                                                                       

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar